Sign in

Cara Meningkatkan Penjualan Online Secara Dramatis dan Pasti

Memiliki bisnis online di era internet sudah menjadi semacam keharusan. Dan mungkin ini menjadi impian banyak orang. Namun itu tidak cukup hanya dengan memiliki website saja. Anda perlu tahu cara meningkatkan penjualan online?

Pertanyaannya, apakah itu mungkin?

Apa pun bidang bisnis Anda. Besar maupun kecil. Anda memiliki potensi untuk sukses menjadi internet marketer sukses. Teknologi dapat membantu Anda sekarang juga. Anda hanya memerlukan strategi untuk meningkatkan penjualan secara online yang sempurna. Dan itu akan didapatkan sebentar lagi.

Setiap bisnis biasanya memiliki beberapa peningkatan pendapatan. Beberapa bisa terjadi secara cepat. Sebagian lambat. Namun kabar baiknya, internet membuat biaya menjadi rendah. Berdampak besar. Dan tentunya dapat menjadi berkelanjutan.

Saya telah belajar dari berbagai tips terbaik untuk meningkatkan penjualan online dengan cepat. Dan telah mempraktekkannya di situs bisnis saya Garuda website. Dan sekarang saya ingin berbagi pada Anda.

Cara Meningkatkan Penjualan Online secara dramatis dengan Cepat — Tips Terbaik

Saya telah gulang-gulung membangun bisnis untuk layanan jasa SEO dan digital marketing pada umum. Jatuh bangun dan belajar dari banyak sumber kompeten. Itu memberi pengalaman yang sangat berharga. Dimana menemukan cara meningkatkan penjualan online dengan cepat.

Harus kita akui, pertumbuhan bisnis online tidak selalu konsisten. Sekalipun kecendrungan konsumen saat ini membelanjakan lebih banyak uang secara online, itu bukan berarti mereka akan menghabiskannya untuk bisnis Anda.

Bahkan raksasa industri seperti Google saja, melihat puncak dan lembah yang sangat besar. Mereka terus berinovasi sepanjang waktu. Semua pelaku bisnis, sebaiknya juga begitu.

Jika Anda bermimpi untuk lebih banyak berada puncak ketimbang di lembah, itu artinya harus melakukan research dan memiliki basis data. Dengan begitu, Anda dapat fokus pada kebutuhan pelanggan daripada kebutuhan bisnis Anda.

Itu sebabnya, saya konsisten memproduksi konten gratis dan dibagikan secara online. Dipublikasikan diberbagai media mana saja yang memungkinkan.

Ini bukan karena saya tidak punya urusan lain dengan waktu saya. Sekali lagi, bukan! Saya bisa dikatakan sangat sibuk untuk bisnis yang saya bangun. Tapi, sharing konten bermanfaat yang dilakukan, memiliki misi utama untuk membangun brand bisnis itu sendiri.

Dan yang pasti, saya mendorong hubungan timbal balik. Jika saya murah hati dengan waktu dan pengetahuan saya, pelanggan sering kali menjadi sangat dermawan dengan uang mereka. Mereka ingin saya membantu mereka mencapai hasil yang sama, seperti yang saya peroleh dari strategi saya. Dan itu sangat membahagiakan.

Seth Godin, salah satu kontributor marketing yang sukses di dunia, mengungkapkan, “Menjual kepada orang yang benar-benar ingin mendengar kabar dari Anda, lebih efektif daripada ‘menyela’ orang asing yang tidak ingin mendengarnya.”

Jadi, ketika saya berbagi konten gratis, secara otomatis saya terhubung dengan orang-orang yang membutuhkan. Dan itu artinya, saya terkoneksi dengan orang yang benar-benar ingin mendengar apa yang saya katakan. Mungkin, Anda salah satunya.

Jadi, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan konten Anda sendiri. Itu hanya satu cara untuk mendapatkan lebih banyak penjualan online dengan cepat. Dalam hal ini, Anda benar-benar harus belajar tentang strategi content marketing yang baik.

Teknik meningkatkan penjualan online terbaik

Dalam upaya meningkatkan penjualan online, saya telah membuat daftar dalam bentuk teknik digital marketing yang layak Anda coba. Yakni, sebagai berikut;

Membangun kepercayaan

Kepercayaan adalah penting dalam bisnis apa pun. Baik online maupun offline. Jika Anda kurang percaya, pertimbangkan jumlah perusahaan yang telah mengalami kerugian secara finansial yang fantastis setelah melakukan tindakan pembobolan data. Rata-rata untuk kasus pelanggaran data merugikan perusahaan sekitar $ 3,6 juta.

Kontributor CSO, Michelle Drolet, mencatat bahwa, “Potensi pelanggaran akan terjadi. Tetapi, ketika Anda berupaya untuk menguranginya, itu berdampak sangat nyata.” Jika Anda dapat membangun kembali kepercayaan setelah rusak, Anda tidak akan mengalami kerugian finansial yang sama.

Membangun kepercayaan sedikit lebih mudah, ketimbang memperbaiki yang sudah pernah rusak. Jadi pertimbangkan itu.

Hal yang sama berlaku untuk segala jenis ‘pelanggaran’ kepercayaan. Ketika Anda mengingkari janji kepada pelanggan, memberikan informasi palsu, atau gagal memberi sesuatu sesuai janji, Anda otomatis kehilangan kepercayaan.

Bagaimana Anda dapat membangun kepercayaan untuk bisnis online? Ada beberapa teknik terbaik untuk dilakukan.

  1. Tepati janji Anda: Jangan membuat janji yang tidak bisa Anda tepati.
  2. Bangun situs mereprentasikan kepercayaan: Gunakan lencana sertifikat SSL dan tanda kepercayaan sejenis lainnya.
  3. Tetap transparan: Berikan wawasan tentang cara kerja internal perusahaan Anda. Produk atau layanan Anda. Anda dapat saya menjual satu kali dengan cara berbohong, tapi konsep bisnis yang berkembang tidak begitu.
  4. Menanggapi keluhan pelanggan: Jawab setiap permintaan bantuan dan pertanyaan dukungan pelanggan.
  5. Akui kesalahan: Jangan pernah mencoba berkilah atas kesalahan yang Anda lakukan. Jadilah ksatria. Beri tahu orang-orang bagaimana Anda akan memperbaikinya. Dan tunjukkan dengan serius.
  6. Publikasikan studi kasus: Tunjukkan bagaimana Anda telah mencapai hal-hal hebat sebelumnya.

Fokus pada praktik terbaik ini untuk membangun kepercayaan antara Anda dan pelanggan. Hasilnya, pendapatan Anda akan meningkat dengan cepat seiring waktu.

Fokus pada audiens target Anda

Cara meninkatkan penjualan online memang membutuhkan proses. Anda tidak bisa melakukan sulap! Bim salabim.. lalu membuat orang ingin membeli apa yang Anda jual secara online. Itu artinya, Anda membutuhkan pemahaman yang tepat, tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan audiens target Anda.

Apakah Anda sudah membuat persona pembeli? Jika belum, sekarang juga Anda harus memulai. Persona pembeli mengidentifikasi konsumen target berdasarkan demografi, pendapatan, suka, tidak suka, dan detail pribadi lainnya.

Semakin banyak informasi yang Anda masukkan dalam persona pembeli, itu semakin baik. Karena, dengan begitu Anda dapat menargetkan audiens menjadi lebih akurat.

Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa target pelanggan Anda adalah kaum milenial. Anda dapat berbicara langsung dengan mereka melalui pemasaran dan periklanan. Tentunya, membuat konten berkualitas yang bermanfaat bagi mereka.

Katakanlah Anda menjual layanan jasa followers instagram misalnya. Kaum milenial dan para selegram mungkin mengalami kendala tentang bagaimana cara menambah follower instagram. Seperti bagaimana membuat konten instagram yang menarik audiens, cara membangun followers aktif dan lainnya.

Ketika calon pelanggan Anda menemukan konten yang bermanfaat dan menarik dari Anda, mereka akan mencari tahu lebih banyak tentang Anda. Mereka seringkali ingin sesuatu yang cepat dan mereka tahu, Anda profesional di bidang itu. Maka, potensi layanan Anda akan digunakan oleh mereka menjadi sangat besar.

Membuat video produk

Foto produk itu bagus, terutama jika diambil secara profesional. Namun, video produk dapat mendorong pelanggan untuk menaruh lebih banyak barang dagangan di keranjang virtual mereka.

Menurut sebuah studi kasus, memasukkan video produk dalam strategi pemasaran online, akan meningkatkan kemungkinan pembelian sebesar 144 persen. Perusahaan, Stacksandstacks.com, mengungkapkan bahwa ROI itu mendekati 10 banding 1.

Anda tidak perlu membuat video untuk setiap produk atau layanan yang Anda jual. Anda bisa fokus pada satu atau dua produk utama. Dan buat itu menjadi seindah mungkin.

Selain itu, bergantung pada apakah Anda bisnis yang berorientasi pada produk atau layanan, Anda dapat membuat video penjelasan, demo, tutorial, atau testimonial.

Menurut Switch Video, Anda tidak boleh hanya membatasi video Anda di website atau YouTube Anda.

Faktanya, memasukkan video ke dalam email dapat meningkatkan rasio klik-tayang yang tinggi. Bahkan angkanya, mencapai 300 persen. Dan 70 persen pemasar yang menanggapi satu survei mengutip video sebagai faktor nomor satu yang dikaitkan dengan peningkatan konversi.

Jangan khawatir, membuat video bagus saat ini tidak mahal. Anda bahkan tidak memerlukan peralatan berkualitas seperti untuk produksi film. Bahkan, Anda dapat membuat video produk hanya dengan kamera ponsel Anda.

Namun, jika Anda menginginkan kualitas yang lebih baik, Anda dapat meminta orang-orang yang berkompeten untuk membuatnya. Anda juga dapat menemukan editor video freelance di situs seperti Fiverr yang dapat membuat video dengan harga yang sangat terjangkau.

Fitur chat langsung

Fitur chat memungkinkan calon pelanggan untuk berkomunikasi langsung dengan Anda. Apa pun itu, mereka dapat mengajukan pertanyaan mendesak tentang produk atau layanan. Mereka berharap mendapatkan jawaban secara real time.

Kebanyakan fitur chat terlihat seperti antarmuka pengirim pesan instan yang lama. Sebuah alat yang memungkinkan percakapan bolak-balik. Itu sepertinya sangat sederhana.

Namun, jika berbicara tentang preferensi pelanggan, obrolan langsung sangat efektif untuk meningkatkan penjualan online.

Sebuah survei yang dilakukan JD Power mengungkapkan bahwa, konsumen sangat menyukai obrolan langsung melalui fitur tersebut dan komunikasi seperti di media sosial.

Menurut sebuah studi oleh FurstPerson, hampir 80 persen pelanggan tidak akan membeli produk dari perusahaan secara online, jika tidak memiliki obrolan langsung.

Jika Anda menawarkan obrolan langsung dengan profesional, terlatih, maka bisnis Anda dapat memelihara pelanggan. Seolah-olah mereka sedang berbicara melalui telepon. Setiap interaksi menjadi peluang untuk mengubah mereka menjadi pelanggan Anda.

Tawarkan jaminan

Kepuasan terjamin — ini bukan hanya kata-kata pemanis saja. Banyak bisnis online menggunakan jaminan untuk membantu menghasilkan lebih banyak penjualan.

Land’s End, adalah pelaku usaha online besar, menyebut “jaminan kepuasan” sebagai salah satu nilai inti mereka. Semua orang menginginkan jaminan.

Ada alasan untuk ini.

Ketika Anda menjamin produk atau layanan yang diberikan, itu artinya Anda menghilangkan setidaknya sebagian dari risiko kehilangan pelanggan. Pelanggan tidak perlu khawatir tentang masalah umum, seperti apakah mereka akan menyukainya atau tidak atau akan bertahan.

Namun, tidak hanya itu!

  1. Pertama, ‘jaminan’ mengirimkan pesan yang kuat bahwa Anda mendukung produk atau layanan Anda. Anda bersedia menjaminnya karena Anda percaya pada kemanjurannya. Secara psikologis, inti penting!
  2. Kedua, pelanggan seringkali tidak mengembalikan produk meskipun mereka tidak puas. Butuh waktu dan upaya untuk mengemas produk, membeli label pengiriman, mengatur pengembalian, dan memeriksa tagihan Visa untuk pengembalian uang mereka.

Bahkan jika seseorang memang mengembalikan produk, Anda telah menciptakan niat baik. Dan di samping itu, hampir 70 persen konsumen tidak akan membeli produk sebelum melihat adanya jaminan uang kembali, jika produk tidak cocok.

Membangun situs dengan ‘user experience’ yang baik

Cara calon pelanggan memahami dan menavigasi situs Anda dapat dipengaruhi oleh banyak aspek seperti tata letak halaman, daya tanggap seluler, dan desain proses pembayaran itu sendiri. Jika itu sulit, artinya, Anda memberi pengalaman buruk pada calon pelanggan Anda. Dan mereka dapat segera berpaling dari situs Anda.

Jika Anda tidak mampu membayar pengembang UX yang baik, Anda dapat meningkatkan user experience sendiri. Karena, ini penting!

Anda dapat membuat tombol CTA (Call to Action) untuk mendorong calon pelanggan bertindak. Tempatkan pada bagian-bagian penting dan strategis. Seperti, di sidebar, menu navigasi, atau dimanapun itu memungkinkan. Tapi, lakukan secara wajar. Karena, jika terlalu banyak itu dapat mengganggu mereka.

Saat Anda memahami bagaimana orang menafsirkan dan berinteraksi dengan situs Anda, Anda dapat mendorong mereka membuat keputusan lebih cepat dan tepat.

Hapus elemen yang mengganggu di halaman pembayaran

Ketika seorang pelanggan masuk ke halaman pembayaran, seharusnya, tidak ada apa pun yang menghalangi prosesnya. Jika fokus pelanggan teralihkan, jengkel, atau bingung, itu berpotensi kehilangan penjualan.

Misalnya, banyak situs memaksa Anda untuk membuat akun, sebelum Anda dapat membeli produk. Untuk toko e-niaga, hal ini dapat mengakibatkan kegagalan transaksi.

Untuk itu, pilih moment yang paling baik untuk menyarankan pengguna membuat akun. Bukan saat proses pembayaran.

Atau setidaknya, tunggu hingga setelah penjualan, lalu undang pelanggan untuk membuat akun.

Jika Anda membuat terlalu banyak daftar isian pada formulir, pelanggan Anda mungkin akan berhenti berlangganan. Karena mereka tidak punya waktu untuk mengisi semuanya.

Menurut raksasa riset e-niaga Baymard Institute, rata — rata total bidang formulir untuk halaman checkout adalah 14,88, dua kali lebih banyak dari yang diperlukan.

Pelajari bagaimana cara Anda agar dapat menghilangkan beberapa bidang di formulir pembayaran.

Sederhanakan halaman pembayaran Anda untuk mengurangi gangguan. Hapus setiap element tidak penting, sehingga pengguna tetap fokus untuk membeli apa yang dia inginkan.

Bangun email marketing dengan konten unik

Pemasar sering kali mengisi email mereka dengan konten jenis iklan, tautan ke posting blog, dan informasi tentang penjualan. Kesannya, mereka hanya peduli pada bisnis mereka semata, alih-alih memikirkan apa yang diinginkan oleh calon pelanggan mereka.

Saya pribadi, seringkali akhirnya membeli saat menerima email yang bahkan tidak berhubungan dengan produk yang dijual. Mereka berbagi posting tentang strategi digital marketing. Saya tertarik dan mengunjungi situs mereka. Dan disana, saya menemukan beberapa produk yang dibutuhkan. Saya membeli seolah itu keputusan pribadi saya.

Jadi, kembali ke apa yang kita bahas di awal, pertimbangkan untuk menulis konten unik dan bermanfaat untuk pengguna. Kampanyekan melalui strategi pemasaran email. Ketimbang memunculkan konten lama dan usang.

Konten edukasi bukanlah satu-satunya cara untuk memberikan nilai. Menurut penelitian terbaru yang ditemukan, sekitar 23 persen konsumen berlangganan buletin email, sehingga mereka bisa mendapatkan penawaran.

Jangan pelit dengan diskon, uji coba gratis, kode kupon, dan penawaran pengiriman gratis. Meskipun Anda hanya menawarkannya sebulan sekali, kemungkinan besar Anda akan melihat peningkatan penjualan secara dramatis melalui ini.

Tanggapi audiens Anda di semua saluran bisnis

Keterlibatan adalah salah satu metrik terpenting untuk dilacak dalam hal pemasaran online. Keterlibatan Anda adalah jumlah interaksi yang dapat Anda lakukan pada pelanggan, pengikut, dan penggemar Anda.

Contoh keterlibatan dapat mencakup yang berikut:

  • Like Facebook
  • Retweet
  • Komentar blog
  • Tanggapan untuk posting media sosial
  • Balasan email
  • Jawaban jajak pendapat dan survei

Sangat mudah untuk melacak keterlibatan di saluran media sosial. Facebook Insights, misalnya, akan memungkinkan Anda melacak keterlibatan melalui posting.

Meskipun melacak keterlibatan pengikut dengan Anda itu penting, begitu juga keterlibatan Anda dengan orang lain. Seberapa sering Anda mengomentari blog di industri Anda? Ketika orang meninggalkan komentar di kiriman Facebook Anda, apakah Anda merespons?

Cukup menjawab, “Terima kasih, senang Anda menikmatinya,” untuk komentar yang memuji entri blog terbaru Anda dapat menghasilkan konversi.

Orang tahu Anda menghargai mereka, jadi mereka menjadi penggemar. Akhirnya, mereka mungkin menjadi pelanggan.

Mengacu pada laporan Salesforce, Jon Suarez-Davis menulis di AdWeek:

Jika Anda memberikan pengalaman positif, Anda akan meningkatkan penjualan online secara dramatis dan itu berlaku pasti.

Kesimpulan

Saya tahu Anda ingin mempelajari cara meningkatkan penjualan online secara cepat dalam semalam. Tetapi meskipun Anda dapat mempercepat prosesnya dengan beberapa kiat ini, Anda juga harus melihat strategi jangka panjang.

Saat Anda mengumpulkan data yang akurat, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk masa depan bisnis Anda.

Sebenarnya, saat anda mencari tahu cara meningkatkan penjualan online, itu hanyalah tentang mengenal lebih jauh audiens dan membangun hubungan dengan mereka. Jika Anda memiliki produk atau layanan hebat dan Anda memberikan layanan pelanggan yang secara baik, Anda dapat meningkatkan penjualan Anda.

Yang perlu diingat adalah bahwa untuk sukses dalam bisnis apa pun, Anda harus mampu melalui proses. Belajar dan meningkatkan pemahaman akan memberi Anda cara-cara terbaik yang khusus dalam konteks bisnis Anda.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat.

Saya adalah bloggger digital marketing di https://www.rupiah.me/

Saya adalah bloggger digital marketing di https://www.rupiah.me/