Berbagai Macam Fungsi Kemasan

Kemasan tidak hanya bertujuan untuk mengemas produk. Dunia saat ini semakin inovatif, bahkan saat ini kemasan dibuat untuk bisa menarik para calon customer untuk bisnismu. Maka dari itu fungsi dari kemasan ini tidak bisa dianggap remeh lagi. Itu dapat mempengaruhi kualitas dari produk di dalamnya.

Berikut 5 Poin Penting Dari Fungsi Kemasan

Kemasan berfungsi sebagai identifikasi produk itu sendiri. Suatu produk dikemas dalam wadah berukuran khusus, berwarna dan berbentuk untuk menjaga perbedaannya dari produk pesaing. Misalnya, kemasan produk Garnier bewarna pink untuk jenis tertentu.

Fungsi utama dari kemasan adalah memberikan perlindungan pada produk dari kotoran, serangga, kelembaban dan kerusakan. Misalnya, produk seperti biskuit, selai, keripik, dll., Perlu dilindungi dengan kemasan seperti standing pouch atau juga kotak plastik didalamnya agar produk tidak hancur. Ada banyak jenis standing pouch yang cocok untuk bisnis makanan.

Pengemasan memberikan kemudahan dalam proses penyebaran produk dari satu tempat ke tempat lain, dalam penyimpanan dan dalam konsumsi. Misalnya, botol minuman bersoda yang memudahkan kita membuka kaleng.

Fungsi kemasan menyederhanakan pekerjaan promosi penjualan. Bahan pengepakan di rumah selalu mengingatkan konsumen tentang suatu produk. Dengan cara ini, pengemasan melakukan peran sebagai penjual pasif. Akibatnya, penjualan meningkat.

Saya adalah bloggger digital marketing di https://www.rupiah.me/

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store